Monday, December 31, 2012

Resep Mie Ayam

Dulu saat saya kecil sampai kuliah, saya paling gak suka sama yang namanya mie ayam. Kalau ditanya kenapa, saya juga gak tau. Sama gak tahunya saya kalau ditanya kenapa gak suka coklat, sampai sekarang.

Nah, setahun belakangan, waktu ngidam anak ketiga saya, entah kenapa saya malah suka banget sama mie ayam. Hampir seminggu 3x saya pasti beli mie ayam. Biasanya kalau ngidam itu kan akan selesai saat kehamilan berakhir, karena akhirnya saya keguguran. Tapi sampai sekarang malah kesukaan saya sama mie ayam semakin menggila (lebay dikit ah hehe)

Dasar memang jiwa dapur saya selalu menggelora..halah, akhirnya saya memutuskan untuk membuat sendiri. Selain hemat, sehat dan puas karena hasil racikan sendiri.Maksudnya sih, bisa banyakin porsi ayamnya haha.

So, here's the recipe.




Mie basah (saya masih belum bisa, atau tepatnya blm mau bikin mie sendiri, but someday, i will..)
Lemak ayam, hasil dari kulit ayam dan bawang putih yang di rebus, setelah matang campur dengan kecap asin. sisihkan

Bahan ayam:
1/2 kg dada ayam fillet
3 cm Kunyit
3 cm Jahe
4 butir Kemiri
3 siung Bawang putih
5 buah Bawang merah
1 sdt Ketumbar

Bahan untuk kaldu:
1/2 sdt Lada bubuk
1 sdt garam
2 liter air
tulang ayam

Pelengkap:
Bawang goreng
Daun bawang
Pangsit goreng
Daun sawi
How to:

Untuk Kaldu: air direbus hingga mendidih, masukkan tulang ayam, rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Tambahkan lada bubuk dan garam.
Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam,tambahkan penyedap, tumis sebentar, angkat, sisihkan.

Cara penyajian:
Masukkan 2 sdm minyak ayam ke dalam mangkok
Rebus mie dan daun sawi yang telah dirajang hingga matang, angkat dan letakkan di dalam mangkuk yang telah terisi dengan bumbu, masukkan ayam 2 sdm.
Taburkan bawang goreng dan daun bawang yang telah dirajang.

Resep yang saya buat adalah versi bakmi GM, next time pengen juga sih yang versi abang2 gerobak, rasa mie-nya lebih gimanaa gitu hehe

No comments:

Post a Comment