Wednesday, November 21, 2012

Kepincut Gurihnya Otak-otak Amui

Beberapa bulan lalu saya dan keluarga berkesempatan mengunjungi Bangka. Karena semua serba mendadak (bayangin aja, hari Rabu nge-cek harga tiket, Kamisnya langsung terbang) So, udah ke tebak deh gimana rempongnya. Belum lagi packing dan segala macem yang bikin huru-hara  hihi...
Sempet was-was juga, secara kan itu kunjungan pertama kali ke Bangka. Gak ada bayangan sama sekali, terutama tentang tempat2 dan medan yang ada disana. Beruntung banget, ternyata ada teman bapak yang suaminya kerja di sana. Langsung deh, malam itu juga bapak telpon temannya untuk ngabarin bahwa saya akan ke Bangka. Lalu terlibatlah percakapan antara Bu Neni (teman bpk) dengan suami. Yang intinya sih, bu Neni ini udah ngabarin suaminya bahwa ada saudaranya yang mau kesana ( jadi gak enak dibilang sodara, eeh tapi beneran emang masih sodaraan sih).

Akhirnya sekitar jam 8.00 kami tiba di bandara  Depati Amir, Pangkal Pinang. Disana kami sudah ditunggu oleh bang Rajiman (duuh, serasa orang penting banget deh, sampe ditunggu di bandara) yang ternyata adalah sopir pribadi suami bu Neni.

Oleh bang Rajiman kami diantar ke penginapan. Awalnya kami berencana nginap di salah satu hotel di Pangkal Pinang.Tapi karena banyak yang full booked (salah jadwal juga sih, liburan di saat2 peek season) akhirnya kami di antar ke Hotel Parai. Hotel Parai ini juga jadi tempat yang sering di pakai SBY nginap kalo sedang berkunjung ke Bangka. And, guess what? Namanya hotel terkenal, udah pasti penuuh juga. Beruntung kami masih dapet 1 kamar, yang walaupun nyempil, gapapa lah, yang penting bisa bobo'aaan...(capee, boow).

And next destination is...off course otak-otak Amui yang terkenal tea hehe. Oiya, karena kami datang saat hari kerja (kalo gak salah hari Kamis) makanya kami belum ketemuan sama suaminya teman bapak. Jadi hingga 2 hari kami di Bangka, kemana2 selalu diantar bang Rajiman. Tentu saja itupun sepengetahuan suami bu Neni.

Otak-otak Belinyu Amui tepatnya ada di daerah Pangkal Pinang. Tempatnya gak terlalu luas sih,apalagi pas kami datang, gak lama kemudian pengunjung lain juga berdatangan. Jadi makin berasa sempit dan  kecilnya.

Otak-otak khas Bangka sebetulnya lebih menyerupai pempek lenjer. Ada versi kukus dan goreng. Cara makannya di cocol di dua jenis kuah/cuko. Salah satunya sambal cuka campur tauco. Rasanya? tentu aja enak. Karena saya termasuk penggila pempek dan otak2 (halah...)

So, buat yang kebetulan travelling ke Bangka, otak-otak Amui ini jadi salah satu tempat yang gak boleh dilewati ya. :)


No comments:

Post a Comment