Wednesday, November 21, 2012

Mencicipi Tahu Kipas Raja Kuring

Long wiken kemarin sebetulnya gak ada rencana kemana-mana. tapi karena lumayan bosan juga di rumah terus, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk pergi ke kota tua. Rencananya sih sekalian mau ke museum bahari, hitung2 sekalian educate Athar ngenalin dia tentang laut. Sejak malamnya sih udah discuss tentang jam berapa berangkat, naik kereta jam berapa dan kemana aja tujuannya. Eeh, udah waktunya, teteep aja telat. Adaa aja alasannya. Yasud, akhirnya kami berangkat jam 10 pagi.

Dari rumah sih cuaca masih friendly, pas sampe kota ternyata panasnya minta ampun. Ya iyalaah, wong pas jam matahari tepat di atas kepala. Akhirnya kami memutuskan untuk numpang sholat di mushola yang ada disitu.  Langsung deh, karena memang pas jamnya makan siang, kami memutuskan untuk cari makan. Maka kami memutuskan mau mencoba menu seafood di restoran Raja Kuring. Awalnya sih gak ada di list rencana kami. Berhubung suami ngompori, saya sih mau aja, bahkan setengah memaksa haha…

Dengan menumpang bajaj (dooh, ke restoran koq naek bajaj -_-’) kami diantar ke Jl. Kakap tempat dimana restoran Raja Kuring berada. Awalnya agak bingung dengan pintu masuk, maklum pertama kali hihi. Akhirnya kami tahu setelah liat ada keset dengan tulisan ‘welcome’. Pastinya dong itu pintu masuknya hehe…

Restoran ini termasuk salah satu gedung tua yang dilestarikan di Jakarta. Kalo di lihat dari penampilannya, restoran ini lebih mirip aula. Dan ternyata emang tempat ini sering dipakai buat pesta2 seperti pesta pernikahan dan ulang tahun. Hari itupun kebetulan sudah dipesan untuk pernikahan. Makanya kami kebagian di ruangan yang lain. Karena memang banyak ruangannya. Oleh waitress kami diajak ke salah satu ruangan yang ternyata disitu sudah ada tamu lain. Seluruh ruangan ber-AC. Maka jangan heran kalau suasananya hening banget. Agak kurang cocok kalo menurut saya untuk keluarga yang membawa serta balita seperti Athar. Coz Athar kan kalo ngomong agak teriak2 gitu.

Menu yang di tawarkan disini adalah halal chinesse food. So, buat yang muslim tapi pengen makan chinesse food, tempat ini bisa jadi alternatif. Menu yang ditawarkan gak jauh beda sebetulnya dengan menu2 yg ada di restoran chinesse food. Tapi ada satu yang di favoritkan di restoran ini. It called Tahu Kipas. Saya gak tau ya kenapa dinamakan tahu kipas. Padahal bentuknya juga gak seperti kipas. Mungkin harganya yang lumayan mahal, sehingga bikin yang makan jadi kegerahan takut uangnya gak cukup jadi kipas2 aja deh haha *ngarang*.
Kami memilih ikan patin bakar kecap, kailan cah bawang putih, sambel+lalapan, dan tentu saja tahu kipas. Untuk minumnya saya pesan jus jeruk, suami pilih jus markisa dan Athar es teh manis. Soal rasa, ikan patin bakarnya lumayan lah. Standar rasa ikan bakar umumnya. Cuma ukurannya memang lumayan besar. Bikin kami susah payah mengeksekusinya. Kailannya enak, gak pahit (kalo saya kok, kalo masak pahit terus ya?).
tahu kipas

Dan si favorit, tahu kipas emang enak. Gak salah kalo si tahu ini jadi menu unggulan restoran ini. Tahunya sendiri sebetulnya mirip tahu isi yang digoreng dan dilumuri tepung. Crispy banget deh, tapi kulitnya tipis banget. Perpaduan tahu sumedang dan tahu isi deh. Isinya tuh ada wortel, daun bawang dan udang. Untuk cocolannya disediakan dua macam. Saus kecap dan cabe. Saus kecapnya enak, didominasi rasa bawang putih, begitu juga samus cabenya. Oiya, Di satu tahu kita bisa nemuin 3-4 ekor udang. Ituu yang bikin mahal. Tapi, menurut saya worth it lah, sama rasanya.
kailan bawang putih
jus markisa

Over all, saya bisa bilang menu di Raja Kuring enak. Apalagi untuk sekelas restoran harganya gak terlalu mahal. Total harga yang kami bayar Rp. 213.000 termasuk pajak. Well, nice recomended lah buat ajak keluarga besar kesini. Kapan2 pas ultah si babeh ajak kesini lagi ah, lumayan gratisan hihi.. 


And ini list pesanan kami berikut harganya:
Nasi putih 2 porsi: 10000
Ikan patin
bakar kecap: 58000 (kurleb 8 ons)
Kailan bawang putih: 28000
Tahu Kipas: 48000
Lalapan: 15000
Jus jeruk: 15000
Jus markisa: 11000
Es teh manis: 4000
Acar: 1000

No comments:

Post a Comment