Wednesday, November 21, 2012

Resep Cilok

Tiap minggu pagi saya selalu nyempetin jalan ke kampus. Kebetulan jarak rumah dan kampus UI berdekatan. Dan tiap minggu pagi itu juga, ada tukang cilok yang mangkal dekat pintu masuk gerbang kampus. Biarpun terkesan jajanan murahan dan identik dengan anak2, tapi jangan salah, cilok buatan si babeh (begitu si penjual di sapa) laris manis. Bukan cuma sama anak2,tapi juga orang dewasa. Saya yang emang dari kecil suka sama cemilan ini, gak ketinggalan ikut nyoba. Dan ternyata emang rasanya enak.
Akhirnya penasaran pengen coba bikin juga. Selain bisa dimakan kapan aja, tentu cilok homemade saya lebih higienis. Yuk ah di intip resepnya.


Bahan :
150 gr tapioca/aci
150 gr terigu haluskan :
Udang kering 1 sdm
Ketumbar 1 sdm
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya
Caranya :
Rebus air hingga mendidih
Campur tapioca sama terigu dan bumbu halus + garam setelah rata masukin air hangat aduk hingga kalis
Bulet bulet kecil adonan lalu masukin ke air yg mendidih tadi , lalukan sampe adonan abis , terus biarkan sampe semua si cilok ngapung , udah mengapung biarkan mendidih 10 menit kemudian dan angkat, sisihkan.

Note: saya modif sendiri dengan nambahin ebi di adonannya,ternyata rasanya lebih gurih. Plus karena kebetulan ada bumbu pecel, saya buat jadi cocolan cilok. Okedeh, met nyoba ya…

No comments:

Post a Comment