Saturday, November 24, 2012

Mencicipi Doclang yang (ternyata) enak

Pertama kali dengar nama Doclang dari suami yang ternyata punya kerabat yang menjualnya di daerah Bogor. Tepatnya di depan toko Terang yang terletak di dekat jembatan merah. Haduuh, padahal jaman kuliah dulu, tiap hari saya selalu nunggu angkot disitu, kok gak nyadar ya ada kuliner yang maknyus disitu hehe...

Kebetulan malamnya memang saya dan suami udah niat untuk mencicipi doclang Mang Aos ini. Udah niat pokoknya Minggu pagi2 sekali harus udah ada di stasiun, ngejar supaya gak kehabisan. Karena kabarnya kedai Doclang milik Mang Aos ini sangat ramai. Tapi, namanya juga orang Indonesia tetep aja jam 6.30 baru berangkat (ngeles, padahal emang kesiangan hihi)

Akhirnya saya tiba di Bogor sekitar jam 7.00. Eh, stasiun Bogor udah bagus euy, beda waktu jaman saya masih kuliah (kemane ajee, mpok..). Pantes suami keukeh bawa stroller, padahal saya udah males aja, karena udah kebayang ribetnya. Bayangan saya, stasiun Bogor ya masih sama seperti saya kuliah 10 tahun yang lalu.
stasiun Bogor udah keren ;)

Karena lokasi kedai milik Mang Aos terletak di jembatan merah, which means jaraknya gak jauh dari stasiun, jadi gak sampe 10 menit berjalan kaki kami sudah sampai.  Khawatir juga bakalan kehabisan secara kami sudah kesiangan dari rumah. Karena kedai doclang ini hanya buka sampe jam 8-an . Eh, ternyata masih agak sepi. Langsung aja kami memesan 2 porsi doclang. Ssst...suami udah niat banget ketemu sama Mang Aos, dengan harapan bisa nambah gratis hehe. Ternyata, disitu cuma ada pegawainya, ya jelas gak kenal. Lagian, harga doclang juga murah ini, cuma 8000 per porsi, kok masih aja ngarep dapet gratisan.

Rasa doclang ternyata gak jauh sama kupat tahu. Isinya terdiri dari lontong, tahu, kentang dan telur yang disiram bumbu kacang dan di taburi kerupuk. Oiya, lontong untuk doclang ini beda dengan yang dipakai untuk kupat tahu. Kalau biasanya kupat tahu menggunakan daun kelapa untuk bungkus, atau lontong sayur yang menggunakan daun pisang. Lontong doclang ini dibungkus dengan daun patat (daunnya banyak terdapat di kaki gunung Salak). Satu buah lontong ukuran besar, bisa untuk kira2 4-5 piring. Bumbu kacangnya juga khas. Saya yang biasanya gak suka bumbu kacang, kok malah ketagihan pengin nambah hihi.


Dan bener aja, makin siang  pengunjung kedai Mang Aos makin ramai. Yang makan di tempat, sampe yang dibungkus untuk di bawa pulang. Gak tanggung2, ada yang sampe 8 bungkus! Lain kali, makan doclang mau ajak mamah mertua ah, lumayan kan bisa gratis, terus minta bungkus juga deh hihi...(ngelunjak)

Nih penampakan si Doclang:

No comments:

Post a Comment