Sunday, November 25, 2012

Si Tatang dan si Tutung

Mendidik anak di setiap tahap perkembangannya itu gak mudah. Itu menurut saya loh ya. Dari mulai si abang yang sekarang udah 10 tahun. Dan yang sekarang Athar yang baru berusia 3 tahun. Saya kerap dibuat pusing dengan tingkah polahnya. Kadang kalo lagi lucu saya bisa dibuat ngakak guling2, tapi di lain waktu Athar melakukan sesuatu yang bikin saya tuh pingin dig a big hole and throw myself into it. Seperti kejadian kemarin. Saat saya ajak Athar ke minimarket, dia liat yoghurt dan minta dibelikan. Karena kondisinya yang sedang pilek, saya larang dong. Dan dia ngamuk nangis2 minta yoghurtnya. Saya sih berusaha santai aja, walaupun rada gak enak juga sama pengunjung lain yang mungkin ngerasa terganggu sama teriakan Athar. Walaupun tantrumnya Athar gak lebay, toh bikin saya deg2an juga, bisa gak ya di alihkan. Dan paas banget, akhirnya saya nemuin makanan yang sebetulnya sih udah liat lama. Langsung deh:''eeh, ada biskuit baru, kayaknya enak, umi mau coba aah, Athar juga boleh coba, mau?'' Dan alhamdulillah, gak pake lama, gak pake teriak pula, langsung itu biskuit di ambil dan Athar bilang:''mau..!''. Phew...selesai...*ngelapkeringat*

Selesai maksudnya ya, episode di minimarket. Di rumah? Jangan ditanya. Apalagi kalo udah berhadapan sama si abang yang jahilnya gak ketulungan. Adaa aja tema2 jahil yang selalu hinggap di kepala si abang untuk bikin Athar nangis. Termasuk kejadian sore tadi. Si abang dengan sengaja makan permen karetdi depan Athar. Dan, it can be guessed, Athar kembali nangis dan ngamuk minta dibelikan permen karet.

Saya sendiri sedang dalam keadaan ngantuk berat, mata udah 5 watt, di bikin rempong sama Athar yang masih ngamuk minta permen karet. Jadi bingung mau bereaksi gimana. Mau marahin si abang dulu, kayaknya udah gak ada waktu. Biarin deh, si abang urusan belakangan. Dia sih lebih gampang, tinggal kasih statement uang jajan di potong, langsung deh minta maaf hehe (walaupun bisa ditebak, bakal diulang lagi)

Akhirnya saya ingat, saat ngobrol bareng adik kami sempet share tentang cara mendidik anak. Agak sedikit tricky memang, tapi dijamin gak ada unsur bully disitu. Gak nakut2in dan gak ngebohongin. So, keluarlah itu cerita tentang si Tatang dan si Tutung. karena spontan, maka nama tokohpun jadi seadanya. Soalnya yang ada dipikiran saya saat itu ya gimana supaya Athar berhenti nangis dan gak minta permen karet lagi.Gak ada kepikiran untuk kasih nama tokoh misalnya Justin atau Edward hihi. Saya ceritakan bahwa ada dua anak, bernama Tatang dan Tutung. Tatang adalah anak yang suka makan permen karet. Suatu hari saat Tatang makan permen karet, Tatang batuk dan muntah2. Akhirnya Tatang dibawa ke dokter dan dirawat di rumah sakit. Gak bisa jalan2 naik kereta. Sementara Tutung anak yang penurut. Gak mau makan permen karet. Makanya saat Tatang di rumah sakit, Tutung malah sedang asik jalana2 ke Ragunan (yang ini memang sengaja saya tambahin, karena Athar emang lagi pingin banget ke Ragunan hehe).

Dan,ternyata Athar berhenti nangis. Saya tanyakan lagi:''Athar masih mau makan permen karet gak?'' Dia jawab:''gak usah deh,mi'' Hihi...berhasil,yess!. Walaupun, akhirnya saya harus siap menerima pertanyaan berulang2 tentang si Tatang. Entah si Tatang yang masih muntah2 lah, atau si Tatang gak bisa naik kereta api lah atau bahkan si Tatang yang ditembak polisi. Hwaaa....karena image si Tatang anak yang gak nurut, jadi sampe di kait2kan deh sama polisi, mohon maaf bagi yang bernama Tatang, gak ada maksud untuk menjelekkan. Punten pisan huhu

Tapi memang selalu ada pelajaran di setiap kejadian. Pembelajaran itu adalah, bahwa sebetulnya  saat anak tantrum ingin minta sesuatu, sebetulnya bisa kok di alihkan. Kuncinya adalah pertama ya harus sabar-sabaaar banget (itu yang saya masih harus banyak belajar) dan ke dua yaa itu, kreatif bahkan di saat kepepet hehe. 

Semoga besok, lusa dan selanjutnya saya bisa lebih sabar dalam menghadapi anak-anak. Aamiin....

3 comments:

  1. aku orangnya ga sabaran miiii..bisa2 udah keluar tanduk depan belakang hahahahah

    ReplyDelete
  2. weeww,,,ini juga pake ekstra inhale exhale berkali2 biar gak bertanduk hahaha,,,, thanks for coming mimiii ^_^

    ReplyDelete